082299917317
Home » Uncategorized » 5 Alasan Kenapa Traveler Harus Pergi Ke Komodo – Flores

5 Alasan Kenapa Traveler Harus Pergi Ke Komodo – Flores by ireztia.com

Flores..

Ada banyak alasan kenapa traveler menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorite di seantero Indonesia. Flores memiliki semua daya tarik wisata kelas dunia yang rasanya tidak cukup jika harus dinikmati hanya dalam waktu yang singkat.

Jika biasanya satu kawasan wisata bisa puas dinikmati dalam 3-5hari, maka untuk menikmati alam Flores dari barat ke timur sepertinya membutuhkan waktu 7-14hari. Bahkan lebih.

Kenapa ? Karena setiap lekuk kepulauan ini memiliki daya tarik yang tidak boleh terlewatkan. Dan wisata ke wilayah Flores membutuhkan tubuh yang fit dan tenaga ekstra, karena kontur wilayah yang panas dan diselimuti hutan savanna, juga karena kita akan menghabiskan sebagian besar waktu di atas kapal laut (Live on Board).

Jadi, saya memiliki beberapa alasan yang membuat Flores menjadi destinasi wisata yang paling tidak membosankan untuk dikunjungi berkali-kali :

  1. Best View at Every Angle Shoot

Flores memiliki ratusan pulau yang terpencar apik dan berdekatan. Hal ini menyebabkan kontur bawah lautnya memiliki gradasi warna yang sempurna bagi pecinta fotografi. Bagaimana tidak, dari hari pertama anda bersailing trip, anda akan disuguhkan pemandangan kepulauan ciamik dari kejauhan.

 

Belum lagi saat kapal berlabuh. Anda bisa menelusuri bibir pantai yang bersih dan melihat gemericik mutiara di atas tenangnya air laut karena pantulan sinar matahari. Best spot untuk mengabadikan gambar di bibir pantai berada di Beach Pink dan Pantai Namo karena warna pasirnya yang berwarna pink kemerahan. Unik dan berbeda dari pasir pantai kebanyakan.

 

Berlanjut ke pengalaman trekking. Best spot saat trekking ke puncak Gili Lawa dan Pulau Padar. Dalam perjalanan trekking akan ditemukan banyak sekali pemandangan mewah yang memanjakan mata untuk dijadikan background fotografi anda. Saya jamin anda tak akan pernah puas menikmati suguhan panorama yang luar biasa ini, kecuali jika anda tidak tahan dengan sengatan matahari yang memang terik. Suasana savanna yang kental menambah anggunnya dunia Flores yang langka.

 

 

  1. Best Snorkling Experience at Underwater’s Flores

Tidak hanya panorama atas laut yang akan membuat anda ketagihan untuk kembali lagi ke Flores. Dengan kontur kepulauan, menjadikan Flores memiliki aneka koleksi terumbu karang yang tersaji rapat dengan biota laut yang beraneka ragam pula. Hanya dengan snorkeling anda bisa melihat ikan nemo berjejer rapi dan menatap anda dengan malu-malu. Percayalah, anda akan terbius untuk berlama-lama berada di laut Flores untuk bermain dengan ikan-ikan jinak tersebut. Best spot : Pulau Satonda, Beach Pink, Namo Beach

Tak hanya terumbu dan ikan laut, di lokasi yang bernama Manta Point anda bisa melihat ikan Manta selebar 3-8 meter hanya dengan mata telanjang karena mereka seringkali berenang hingga permukaan laut. Cobalah untuk berenang sebentar bersama di Manta Point, maka anda akan dikagetkan dengan belasan Manta yang ikut berenang mengelilingi anda atau bahkan berenang di atas kepala anda !! Pengalaman yang tak akan terlupakan pokoknya. Namun anda harus berhati-hati saat snorkeling di Manta Point karena arusnya cukup kuat.

 

Manta point ini berada dekat dengan lokasi diving Taka Makassar. Lokasi ini memang disebut-sebut sebagai Manta Kingdom (Kerajaan Manta) karena merupakan jalur habitat Manta saat mencari makan plankton di siang hari.

 

 

  1. Amazing Marine Life When You Dive

Diving di Flores menjadi destinasi wajib bagi pecinta bawah laut yang berkunjung ke Flores. Ada banyak penyewaan perlengkapan dive di dekat pelabuhan Labuan Bajo. PADI dan SSI pun sudah banyak membuka kursus di area Labuan Bajo. Spot terbaik yang bisa kita selami selama di kepulauan Flores adalah Pulau Adonara, Pulau Babi, Pulau Lambata, Pangah Balang dan Wai Terang.

 

Arus di area Flores terbilang agak kuat sehingga disarankan hanya penyelam bersertifikat yang melakukan diving di area ini.

 

  1. The Dragon and Monster

Inilah yang menjadi icon utama kenapa anda harus ke Flores, khususnya ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Karena dua pulau inilah satu-satunya tempat di dunia yang masih memiliki hewan peninggalan jaman purba, yaitu Komodo.

 

Pulau Komodo dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 1991. Pada tanggal 11 November 2011, Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak dari pemilihan New 7 Wonders mengalahkan nominasi Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazum Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain.

 

Pulau Komodo adalah pulau terluas pertama dibandingkan Pulau Rinca, namun memiliki jumlah komodo yang hampir sama banyaknya. Komodo di Pulau Rinca dikenal lebih agresif dan mudah ditemukan dibandingkan di Pulau Komodo.

 

Jika anda ingin bertemu dengan binatang purba ini, anda akan diajak trekking kembali oleh para Rangers disana. Ada beberapa pilihan jalur trekking yang dibagi berdasarkan jarak. Small-Medium-Long-Adventure Trekking yang bisa dipilih saat tour at Komodo Island.

 

Small Trekking dapat ditempuh dalam 1 jam perjalanan. Sementara Medium ditempuh dalam 1,5-2 jam perjalanan. Long Trekking ditempuh 4 jam perjalanan. Semua pilihan trekking akan membawa kita pada habitat asli Komodo yaitu di hutan tropis dan padang savanna.

 

Jangan khawatir karena para Rangers akan mendampingi kita selama perjalanan dan membantu kita mengambil foto terbaik jika kebetulan kita menemukan komodo di perjalanan. Jangan pernah keluar dari rombongan karena akan menyulitkan Rangers mengawasi keselamatan kita. Hati-hati, Komodo sangat menyukai mangsa yang sendirian karena itu memudahkan mereka dalam melakukan penyerangan.

 

Meski Komodo disana terlihat jinak dan mengantuk, jangan menganggap remeh serangan mereka yang bisa tiba-tiba karena Komodo pengejar yang ulung. Kecepatan lari Komodo bisa mencapai 20km per jam. Komodo adalah binatang buas dan kanibal. Semua bangkai komodo tidak perlu susah payah dikuburkan karena dalam waktu singkat dapat dijadikan santapan lezat bagi komodo yang masih hidup.

 

Penglihatan komodo memang buruk, namun pendengaran dan penciumannya sangat tajam. Tidak perlu memakai parfum yang menyengat ataupun berteriak karena akan memancing komodo tertarik pada keberadaan kita.

 

Ada beberapa tips penting jika kalian ingin trekking ke Komodo yang dapat direview DISINI.

 

  1. Lost in Komodo, Back to Old Lifestyle

Tentu itu menjadi pengalaman tak terlupakan dan berbeda bagi sebagian besar traveler yang singgah di Flores. Hidup di atas kapal dan beraktifitas disana berhari-hari, melihat pulau-pulau kekuningan dari kejauhan yang memberi panorama langka yang membuat kita berdecak kagum, belajar hidup tanpa sinyal telekomunikasi yang mumpuni sehingga terasa lost in world, membiasakan diri tidur di bawah cahaya bintang dan deburan ombak serta belaian angin laut yang hangat, belum lagi suasana sunrise yang memanjakan mata saat kita bangun di pagi hari, membuat traveling ke wilayah ini menjadi kenangan tersendiri.

Sebisa mungkin, jauhkan handphone dari keseharianmu di Flores (kecuali untuk mengambil gambar) karena ini saatnya kamu benar-benar melepas penat dan menikmati prototype surga yang Tuhan ciptakan di dunia. Menikmati setiap detik yang berjalan lambat dengan sentuhan alam yang sungguh luar biasa, akan membuat siapa saja yang pernah datang kesini akan berjanji dalam hatinya untuk kembali kesini suatu saat nanti.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.